Usaha Roti yang Semakin Manis dan Menguntungkan

Roti merupakan makanan favorit semua orang. Makanan ini bisa dihidangkan dengan segelas kopi atau teh yang hangat. Saat ini bermunculan berbagai macam jenis roti, mulai dari roti tawar, hingga roti dengan banyak varian rasa sehingga dapat menggugah selera banyak orang. Dibalik manisnya roti, tersimpan suatu peluang usaha yang juga dapat memberikan keuntungan yang sangat menggiurkan.

Tentunya, untuk memulai usaha roti ini diperlukan skill atau kemampuan dalam mengolah roti agar nantinya roti yang dihasilkan memiliki bentuk yang menarik dan rasa yang lezat. Maka dari itu, sebaiknya anda memepelajari seluk beluk pembuatan roti. Anda bisa mengikuti kursus membuat roti atau anda bisa mencari informasi mengenai pembuatan roti dari internet. Owner dari Burger Klenger awalnya juga hanya belajar dari youtube kok.

Usaha Roti

usaha roti gadai bpkb

Untuk menjalankan bisnis roti, maka tahap pertama yang harus anda perhatikan adalah memilih tempat atau lokasi yang strategis. Yupss…dengan memilih lokasi yang strategis maka toko roti milik anda akan dikenal banyak orang dengan cepat. Selain lokasi yang strategis, pilih juga tempat yang ukurannya sesuai dengan banyaknya roti yang akan anda buat setiap harinya. Selain itu, sesuaikan juga harga sewanya dengan budget yang anda miliki.

Maka dari itu, sebaiknya sebelum menyewa tempat sebaiknya survey dulu lokasinya, apakah strategis, sering dilewati banyak orang, atau malah sepi. Dengan melakukan survey seperti ini maka anda tidak akan menyesal nantinya pada saat menyewa tempat yang akan dijadikan toko roti anda. Setelah itu, berikan warna yang menarik pada setiap sudut toko roti anda, sehingga dapat menarik minat para pengunjung yang melewati toko roti anda.

Selain tempat, tentunya anda juga membutuhkan peralatan untuk pembuatan dan juga mendisplay roti buatan anda. Pada umumnya, peralatan yang dibutuhkan adalah mixer, oven, wadah untuk adonan, kompor dan lainnya. Jika anda tidak memiliki cukup modal, anda bisa menggunakan peralatan dapur yang ada di rumah sehingga anda tidak perlu mengeluarkan modal yang besar untuk membeli peralatan.

Supaya bisnis roti yang anda jalankan cepat berkembang, maka ada baiknya anda mengurus perizinan atau legalitas bisnis anda. Biasanya, untuk bisnis kuliner nantinya anda akan diminta untuk mengikuti prosedur yang telah ditetapkan sesuai dengan undang-undang dan juga survey dari tim kesehetan untuk memastikan bahwa toko roti anda dinyatakan layak untuk berjalan.

Jika anda tidak mengikuti peraturan dan prosedur yang sudah ditetapkan maka akan dikenakan denda, apalagi jika sampai ada pengunjung yang mengaku keracunan setelah mengkonsumsi produk roti milik anda. Maka dari itu, disamping bentuk dan rasanya yang lezat, hal lain yang harus diperhatikan dalam pembuatan roti adalah kualitas dan kesehatan dari roti tersebut.

Sedangkan untuk sistem pemasarannya, anda bisa mendisplay semua roti hasil karya anda atau bisa juga titip jual ke warung-warung terdekat. Namun, jika anda ingin menerapkan sistem titip jual maka pastikan produk roti anda sudah ada label halal dan izin dari badan pengawas makanan.

Sayangnya, banyak pemula dibisnis ini yang enggan meneruskan niatnya karena tidak memiliki modal yang cukup untuk mengembangkan bisnis roti tersebut. Sehingga tidak sedikit pemula dibisnis roti yang langsung gulung tikar. Sebenarnya, ada cara untuk mendapatkan dana tunai dengan cepat yaitu dengan menggadaikan bpkb kendaraan anda.

Sekarang ini sangat banyak individu ataupun perusahaan yang menyediakan pinjaman dana tunai dengan jaminan bpkb motor dan mobil. Nantinya dana tersebut bisa anda gunakan untuk mengembangkan toko roti milik anda. Namun, sebaiknya anda cari pinjaman yang bunganya ringan sehingga tidak memberatkan anda untuk membayar cicilan setiap bulannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *