Usaha Budidaya Ikan Lele

Bisa dibilang jika ikan lele merupakan salah satu ikan yang paling banyak dibudidayakan di Indonesia. Ikan lele seringkali diolah menjadi makanan yang sangat lezat yaitu pecel lele dan juga keripik. Ikan lele memang memiliki rasa yang sangat gurih dan lezat setelah diolah menjadi makanan. Selain itu, harga jual ikan lele juga lumayan tinggi sehingga sangat menguntungkan bagi pembudidaya ikan lele.

Membudidayakan dan merawat ikan lele tidak terlalu sulit. Bahkan, banyak pengusaha ikan lele yang awalnya hanya belajar dari buku dan video youtube saja mengenai cara membudidayakan ikan lele. Selain itu, saat ini juga sudah banyak tersedia pelatihan budidaya lele oleh beberapa pengusaha ikan lele yang mau membagikan ilmunya. Awalnya, kebanyakan lele yang dibudidayakan adalah lele lokal, tapi pada tahun 1985 mulai masuk jenis ikan lele dumbo yang didatangkan dari Taiwan.

Usaha Budidaya Ikan Lele

usaha budidaya ikan lele

Jenis lele dumbo ini sempat merajai pasaran ikan lele, hal ini dikarenakan ikan lele dumbo sangat mudah untuk dibudidayakan dengan lahan yang sangat terbatas sehingga anda tidak perlu mengeluarkan banyak dana untuk lahannya. Selain itu, ikan lele dumbo juga tidak membutuhkan pergantian air yang rutin sehingga andapun tidak terlalu repot.

Sayangnya, pada tahun 2000-an banyak budidaya ikan lele dumbo yang mengalami penurunan kualitas. Hal ini terjadi karena adanya kesalahan faktor genetic terhadap ikan lele tersebut. Hal ini dikarenakan terlalu sering mengawinkan sekumpulan ikan lele yang sebenarnya masih dalam sat keturunan atau yang biasa disebut inbreeding sehingga merusak kualitas dari ikan lele tersebut.

Penurunan kualitas dari lele dumbo terlihat dari lambatnya pertumbuhan dan juga jangka waktu hidup dari benihnya sehingga menyebabkan produksi ikan lele dumbo menjadi terhambat dan tidak bisa lebih maksimal.

Karena kondisi inilah, Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar (BBPBAT), berusaha untuk memeperbaiki kondisi genetik dari lele dumbo tersebut dengan cara melakukan kawin silang balik sehingga muncul lah jenis ikan lele baru yang bernama Lele Sangkuriang. Saat ini, lele sangkuriang sudah dikenal dan disukai banyak orang sehingga dapat memberikan keuntungan kepada para pengusaha ikan lele. Bukan hanya pengusaha ikan lele saja yang senang, para pedagang makanan yang menggunakan bahan baku ikan lele juga ikut merasa senang karena dagangan mereka semakin laris terjual.

Tidak sedikit pengusaha ikan lele yang terus menambah jumlah benih ikan lele agar mereka bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar daripada sebelumnya. Yupss…semakin banyak ikan lele yang mereka miliki tentunya akan semakin banyak yang bisa mereka jual sehingga keuntungan yang didapatkan semakin besar.

Sayangnya, banyak sekali pengusaha ikan lele yang bangkrut karena tidak memiliki cukup modal untuk mengembangkan usahanya. Sebenarnya sangat mudah untuk mencari modal, misalkan dengan cara menggadaikan bpkb kendaraan anda untuk mendapatkan dana tunai. Sekarang ini, banyak sekali lembaga ataupun individu yang memberikan pinjaman uang dengan jaminan bpkb mobil atau motor anda.

Selain itu, anda juga harus ingat, bahwa dana yang dipinjam dengan menggadaikan bpkb tersebut harus dicicil setiap bulannya. Maka dari itu, dana pinjaman tunai ini juga harus anda kelola dengan benar supaya anda tidak keteteran pada saat jatuh tempo pembayaran cicilan. Saat ini, gadai bpkb menjadi cara yang paling cepat untuk banyak orang yang membutuhkan uang tunai, hanya dalam hitungan jam maka anda sudah bisa mendapatkan pinjaman dana dengan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *