Tips Merawat Cat Motor Supaya Lebih Awet

Pada artikel kali ini kami akan membagikan kepada Anda mengenai bagaimana tips merawat cat motor, supaya kendaraan roda dua kesayangan Anda tersebut warnanya tetap awet dan tahan lama. Nah, tak bisa dipungkiri saat ini banyak sekali pemilik motor yang tidak paham tentang bagaimana cara merawat motornya sendiri. Salah satunya adalah bagaimana menjaga keutuhan warna atau cat motor. Hal ini jelas membuat motor Anda akan lebih mudah pudar dan terlihat kusan. Ada beberapa hal yang memang bisa menjadi penyebab pudarnya warna cat motor. Selengkapya tentang tata cara perawatan cat bodi sepeda motor akan dibahas pada paragraf selanjutnya.

Beberapa Tips Merawat Cat Motor yang Mudah Dilakukan

merawat cat motor

Terkadang pudarnya warna cat motor ini disebabkan oleh polusi udara yang terjadi di sekitar Anda. Kondisi ini tentu sangat sering Anda alami ketika Anda sedang berada di jalan raya. Mungkin kotoran yang menempel dan tidak pernah Anda bersihkan itulah yang kemudian akan membuat motor Anda terlihat lebih kusam. Selain itu terlalu sering dijemur di bawah terik matahari langsung juga bisa membuat cat motor menjadi cepat rusak dan pudar. Maka dari itu, berhati-hatilah dalam merawat motor kesayangan Anda supaya kondisinya tetap kinclong seperti saat baru dibeli.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan memarkir motor di tempat yang teduh. Selain tidak akan kehujanan, motor Anda juga tidak akan terik matahari secara langsung yang bisa merusak cat motor. Selain itu, Anda juga disarankan untuk tidak menggunakan shampo motor yang sembarangan. Di pasaran sudah banyak tersedia shampo motor khusus yang bisa Anda gunakan untuk ‘memandikan’ kendaraan kesayangan Anda tersebut. Jangan gunakan sembarang detergen karena memungkinkan bisa merusak cat motor Anda. Pilihlah shampo yang mengandung silikon, alasannya adalah karena motor akan terlihat lebih megkilap dan debu yang menempel lebih mudah dibersihkan.

Mencuci dengan busa atau detergen sembarangan memang bisa menjadi pilihan alternatif. Tetapi jika dilakukan secara berlebihan atau terlalu sering, justru bisa membuat warna motor Anda memudar. Kalau terpaksa tidak ada shampo motor, gunakan saja air biasa dan bersihkan motor Anda secara manual. Lalu setelah itu keringkan motornya dengan lap yang halus supaya tidak merusak bodinya.

Jika motor Anda warnanya sudah pudar, tentu Anda sendiri yang akan repot. Anda perlu melakukan modifikasi atau pengecatan ulang supaya warnanya kembali mentereng. Yang jelas Anda akan menambah biaya lagi untuk perawatan motor Anda. Atau mungkin jalan keluarnya Anda harus menggadaikan BPKB motor Anda untuk melakukan perbaikan cat motor supaya kembali seperti semula. So, itu tadi adalah sedikit tips merawat cat motor dengan mudah. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *